Senin, 25 Maret 2019

Peristiwa Alam


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/ atau eksplorasi lingkungan.
3.7.1     Dapat menulis kalimat menggunakan kosakata terkait peristiwa siang/malam hari.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakataBahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
4.7.1     Menjelaskan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
3.7.1     Menjelaskan pengenalan aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.7.1     Mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
3.2.1     Mampu membedakan tinggi rendah nada.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
4.2.1     Mampu menyanyikan lagu “Hari Sudah Siang” dengan tinggi rendah nada yang tepat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan bertanya jawab, siswa mampu  menjelaskan pengenalan aktivitas air dengan baik.
·         Dengan kegiatan berdiri di air, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan berani.
·         Dengan kegiatan mengamati contoh, siswa dapat menulis kalimat menggunakan kosakata terkait peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
·         Dengan kegiatan berkreasi membuat alat musik dari air dalam gelas, siswa mampu membedakan tinggi rendah nada dengan baik.
·         Dengan diskusi kegiatan bermain alat musik, siswa mampu menyanyikan lagu “Hari Sudah Siang” dengan tinggi rendah nada yang tepat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Membaca teks tentang aktivitas air saat pagi hari









·         Menulis kalimat menggunakan kosakata peristiwa siang hari
 

·         Membedakan tinggi rendah nada dengan membuat alat musik dari gelas dan air

 

·         Menyanyikan lagu “Hari Sudah Siang” dengan tinggi rendah nada yang tepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELASA 17 NOVEMBER 2020

Tema 4 sub 3 pb 2 2 A Ringkasan materi  Bermain sepak bola Bermain sepak bola ada caranya.  Sebelum bermain harus melakukan pemanasan.  Sala...