A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan
peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau
syair lagu) dan/ atau eksplorasi lingkungan.
|
3.7.1
Dapat menulis kalimat menggunakan
kosakata terkait peristiwa siang/malam hari.
|
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakataBahasa
Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam
dalam teks tulis dan gambar.
|
4.7.1 Menjelaskan dengan kosakata Bahasa
Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam
dalam teks tulis dan gambar.
|
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air
dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
|
3.7.1 Menjelaskan pengenalan aktivitas air.
|
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan aktivitas
air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
|
4.7.1 Mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas
air.
|
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.
|
3.2.1 Mampu membedakan tinggi rendah nada.
|
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
|
4.2.1 Mampu menyanyikan lagu “Hari Sudah Siang”
dengan tinggi rendah nada yang tepat.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan
bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan pengenalan aktivitas air dengan
baik.
·
Dengan
kegiatan berdiri di air, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas
air dengan berani.
·
Dengan
kegiatan mengamati contoh, siswa dapat menulis kalimat menggunakan kosakata
terkait peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
·
Dengan
kegiatan berkreasi membuat alat musik dari air dalam gelas, siswa mampu
membedakan tinggi rendah nada dengan baik.
·
Dengan
diskusi kegiatan bermain alat musik, siswa mampu menyanyikan lagu “Hari Sudah
Siang” dengan tinggi rendah nada yang tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Membaca
teks tentang aktivitas air saat pagi hari
·
Menulis
kalimat menggunakan kosakata peristiwa siang hari
·
Membedakan
tinggi rendah nada dengan membuat alat musik dari
gelas dan air
·
Menyanyikan
lagu “Hari Sudah Siang” dengan tinggi rendah nada yang tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar